Pages

Rabu, 21 Januari 2015

Manfaat Pohon Kelapa

http://klikpintar.com/wp-content/uploads/2013/06/manfaat-pohon-kelapa.jpg 

Manfaat Pohon Kelapa

1. Lidi

 

  Lidi berasal dari bagian daun pohon kelapa, bagian lidi ini biasanya digunakan untuk membuat sapu lidi yang biasa digunakan untuk membersihkan halaman rumah atau pekarangan dari sampah sampah dedaunan yang berserakan.

2. Air Kelapa

 
  Air kelapa berasal dari bagian buah kelapa, air kelapa ini biasanya langsung diminum oleh para penikmat citarasa air kelapa muda. Air kelapa muda sangat lezat dan bisa diolah menjadi minuman yang sangat menyegarkan. Saking banyaknya yang suka, banyak sekali orang-orang yang memperjual belikan air kelapa muda sebagai minuman yang segar dan dengan batok kelapa menjadi gelasnya.

3. Batang

 

  Batang pohon kelapa biasa dijadikan sebagai kayu untuk membangun rumah. Inilah manfaat pohon kelapa sebagai bahan bangunan yang sampai sekarang masih banyak dipakai. Kayu kelapa pun juga diperjualbelikan karena banyak sekali yang memggunakan kayu ini untuk pembangunan.

4. Daun
 

   Bagian daun juga sangat bermanfaat. Salah satu manfaat daun kelapa adalah untuk atap rumah pada zaman dahulu, tapi sekarang jarang dipakai karena mayoritas masyarakat sudah menggunakan genting. Daun kelapa juga dipakai untuk hiasan atau janur,sarang ketupat.

5. Tempurung Kelapa

 

  Tempurung kelapa berasal dari bagian buah pohon kelapa, tempurung biasa disebut batok kelapa. Batok kelapa biasanya digunakan sebagai bahan bakar dan juga menjadi bahan baku kerajinan tangan. Sudah banyak sekali kerajinan tangan yang berasal dari batok kelapa.

6. Daging Kelapa

 

   Daging kelapa adalah bagian buah kelapa, daging kelapa ini bisa diolah menjadi santan kelapa yang sering dipakai untuk membuat masakan-masakan. Jika daging kelapa masih muda, maka bisa diolah bersama air kelapa menjadi es kelapa muda. Nah minuman es kelapa muda seperti ini sangat banyak penggemarnya, oleh karena itu penjualnya pun juga banyak.

7.  Akar
   
  Bagian akar pohon kelapa biasanya digunakan sebagai pewarna dan juga sebagai obat Untuk mengobati sakit kulit seperti gatal dicelah jari kaki, celah kangkang dan sebagainya. Caranya potong akar itu kira-kira 2 atau 3 inci lalu direbus. Air rebus itu diminum segelas setiap pagi selama 1 minggu.


8. Sabut
 

  Sabut kelapa berasal dari bagian buah pohon kelapa. Selain untuk bahan bakar, sabut kelapa biasanya digunakan untuk membuat keset, anyaman tali dan kerajinan tangan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar